•  
  • WEBSITE RESMI KPU KOTA PEKALONGAN
Kamis, 16 Agustus 2012 - 11:15:03 WIB
SOSIALISASI PENDAFTARAN DAN VERIFIKASI PARTAI POLITIK PESERTA PEMILIHAN UMUM ANGGOTA DPR, DPD & DPRD
Diposting oleh : adminkpupkl
Kategori: Pemilu 2014 - Dibaca: 30983 kali

Sebagai tindak lanjut dari Raker KPU Kab/Kota se-eks karesidenan Pekalongan di Pemalang tanggal 6 Agustus 2012 tentang Pendaftaran dan Verifikasi Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2014, KPU Kota Pekalongan telah mengadakan Sosialisasi Pendaftaran dan Verifikasi Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD Tahun 2014 pada hari Kamis 09 Agustus 2012 yang bertempat di Kantor KPU Kota Pekalongan. Sosialisasi dihadiri oleh 5 komisioner dan sekretaris KPU Kota Pekalongan serta diikuti oleh Pimpinan Parpol dan dinas/instansi terkait. Sosialisasi tersebut dilaksanakan sebagai upaya agar proses pendaftaran Parpol pada tanggal 10 Agustus s/d 7 September 2012 bisa berjalan dengan lancar yang sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2012. Sosialisasi yang didahului dengan sambutan Ketua M.Taufiqurrohman, STdalam sambutannya menyatakan: “Dalam Pemilu 2014 banyak perubahan: antara lain adanya penambahan kursi DPRD di Kota Pekalongan menjadi 35 kursi karena jumlah penduduknya diatas 300.000. pendaftaran ini sekurang-kurangnya H-20 bulan dari hari Pemungutan Suara (Rabu, 9 April 2014)

Kemudian sosialisasi yang diisi oleh Anggota KPU Bapak Basir, SH (Ketua Divisi Pendaftaran dan Sosialisasi)  dijelaskan bahwa ada 3 tahap dalam proses penyelenggaraan Pemilu DPR, DPD dan DPRD yaitu:
      1. Tahapan Persiapan
      2. Tahapan Penyelenggaraan
      3. Tahapan Penyelesaian
Dimana telah ditetapkan jadual pelaksanaan per masing-masing tahapan agar Parpol bisa mempersiapkannya dengan baik. Pak Basir, SH juga menyebutkan dalam Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD Tahun 2014 nanti diikuti oleh 3 kriteria Parpol, yaitu:
1. Parpol peserta Pemilu pada Pemilu terakhir yang memenuhi ambang batas perolehan suara sah secara nasional yang secara langsung ditetapkan sebagai Parpol peserta Pemilu 2014, diantaranya: Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Amanat Nasional, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Hati Nurani Rakyat;
2. Parpol peserta Pemilu pada Pemilu terakhir yang tidak memenuhi ambang batas perolehan suara sah secara nasional, diantaranya: PKPB, PPPI, PPRN, Barnas, PKPI, PPIB, Partai Kedaulatan, PPD, PPI, PNI Marhaenisme, PDP, Pakar Pangan, PMB, PPDI, PDK, PRN, Partai Pelopor, PDS, PNBKI, PBB, PBR, Partai Patriot, PKDI, PIS, PKNU, Partai Merdeka, PPNUI, PSI, Partai Buruh;
3. Parpol baru yang memenuhi persyaratan Badan Hukum, yaitu Partai NasDem
Parpol baru dan Parpol peserta Pemilu pada Pemilu terakhir yang tidak memenuhi ambang batas perolehan suara sah secara nasional tidak secara langsung ditetapkan sebagai Peserta Pemilu 2014, tetapi harus melalui verifikasi.

Pendaftaran Partai Politik Peserta Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD Tahun 2014:
1. Di Tingkat KPU dilaksanakan pendaftaran oleh Partai Politik Tingkat Pusat (10 Agustus 2012 – 07 September 2012);
2. Di Tingkat KPU Kab/Kota dilaksanakan Penyerahan Daftar Nama dan Bukti Fotocopy KTA oleh Partai Politik yang tidak memenuhi ambang batas dan Partai Politik baru:
      a. Masa pendaftaran: tanggal 10 Agustus 2012 S/d 7 September 2012, Pukul 08.00 s/d 16.00 WIB.
      b. KPU Kab/Kota hanya menerima penyerahan daftar nama anggota Parpol  dan bukti  berupa fotocopy KTA.
      c. KPU Kab/Kota menyiapkan daftar hadir.
      d. Bukti pemenuhan syarat keanggotaan disampaikan oleh pimpinan Parpol tingkat Kab/Kota (Pasal 11 (3) PKPU 8/2012).
      e. Menerima daftar nama dan alamat anggota Parpol dalam wilayah Kab./ Kota  dengan menggunakan form Lampiran 2 model 12 (terlampir)
      f. Menerima dan memeriksa bukti keanggotaan Parpol (KTA) paling sedikit 1000 atau 1/1000 dari jumlah penduduk (Ps. 13 PKPU 8/2012)
      g. Parpol diberikan waktu sampai dengan batas akhir tanggal 7 September 2012 untuk menyerahkan dan atau melengkapi fotocopy KTA tersebut;
      h. Memberi tanda bukti penerimaan keanggotaan Parpol setelah KTA yang diserahkan  memenuhi jumlah minimal (lamp. 2 model f Parpol)
      i. Verifikasi faktual dilaksanakan setelah Parpol dinyatakan memenuhi persyaratan administratif oleh KPU (Ps. 16 (6) huruf b PKPU 8/2012), sesuai tahapan dilaksanakan pada tanggal 4 s/d 24 Oktober 2012.

Verifikasi Oleh KPU Kabupaten/Kota
Setelah menerima persyaratan dokumen administrasi dari KPU, KPU Kab/Kota melakukan verifikasi paling lama 21 (dua puluh satu) hari terhadap kebenaran persyaratan:
1. Jumlah dan susunan pengurus Parpol di tingkat Kab/Kota
2. Pemenuhan keterwakilan perempuan pada kepengurusan Parpol tingkat Kab/Kota     sekurang-kurangnya 30%
3. Domisili Kantor tetap dan dokumen yang sah antara lain:
Sertifikat hak milik, surat pinjam pakai, sewa/kontrak sampai berakhirnya tahapan Pemilu yaitu Pengucapan Sumpah Janji Anggota DPR, DPD dan DPRD
4. Keanggotaan sekurang-kurangnya 1000 orang atau 1/1000 dari Jumlah Penduduk pada setiap kepengurusan Parpol tingkat Kab/Kota
5. KPU Kab./Kota melakukan verifikasi administrasi keanggotaan Parpol dg cara mencocokan daftar nama anggota Parpol yg diterima dari KPU dengan KTA (Pasal 20 (1) PKPU 8/2012)
6. Hasil verifikasi administrasi ditindaklanjuti dg verifikasi faktual
7. KPU Kab/Kota melakukan verifikasi faktual dengan metode:
       a. Metode Sensus digunakan untuk verifikasi faktual terhadap keanggotaan Parpol sampai dengan 100 orang.
       b. Metode Sampel Acak Sederhana digunakan untuk verifikasi faktual terhadap keanggotaan Parpol lebih dari 100 orang (metode ini digunakan untuk Kota Pekalongan)
sosialisasi dilanjutkan dengan Tanya jawab dan ditutup dengan do’a penutup oleh Bapak Ismartopo.

Print Friendly and PDF